Dasar penggunaan tabuh rah adalah prasasti- prasasti Bali
Kuna dan lontar- lontar antara lain
Prasasti
Batur Abang A l. tahun 933 Çaka
|
............... mwang yan pakaryyakaryya,
masanga kunang wgila ya manawunga makantang tlung parahatan,
ithaninnya, tan pamwita, tan pawwata ring nayakan saksi.............
|
.............. lagi pula bila mengadakan
upacara- upacara misalnya tawur Kasanga patutlah mengadakan
sabungan ayam tiga sehet (babak) di desanya, tidaklah
minta ijin tidaklah membawa (memberitahu.) kepada yang
berwenang...........
|
Prasasti
Batuan yang berangka tahun 944 Çaka
|
.............. kunang yan manawunga ing
pangudwan makantang tlung parahatan, tan pamwita ring
nayaka saksi mwang sawung tunggur, tan knana minta pamli...............
|
................... adapun bila mengadu
ayam di tempat suci dilakukan 3 sehet (babak) tidak
meminta
ijin kepada yang berwenang, dan juga kepada pengawas
sabungan tidak dikenakan cukai :.........
|
Lontar
Çiwa Tattwa Purana
|
Muah ring tileming Kesanga, hulun magawe
yoga, teka wang ing madhyapada magawe tawur kesowangan,
den hana pranging satha, wnang nyepi sadina ika labain
sang Kala Daça Bhumi, yanora samangkana rug ikang
ning madhyapada
|
Lagi pula pada tilem Kasanga Aku (Bhatara
Çiwa)
mengadakan yoga, berkewajibanlah orang di bumi
ini membuat persembahan masing- masing, lalu
adakan pertarungan ayam, dan Nyepi sehari (ketika) itu
beri korban (hidangan) Sang Kala Daça
Bhumi, jika tidak celakalah manusia di bumi .....
|
Lontar
Yajna Prakerti
|
........... rikalaning reya- reya, prang
uduwan, masanga kunang wgila yamanawunga makantang tlung
parahatan saha upakara dena jangkep......
|
............... pada waktu hari raya,
diadakan pertarungan suci misalnya pada bulan Kasanga,
patutlah mengadakan pertarungan ayam tiga sehet lengkap
dengan upakaranya...............
|