Mandala ini melambangkan perwujudan Ida Hyang Hyang Widdhi dalam
bentuk kekuatan yang menjaga harmoni jagat raya. Pada mandala
ini terlukis cerminan-cerminan dari falsafah Tri Hita Karana.
Unsur-unsur mandala keempat ini antara lain:
|
|
|
Linggih Bhatara Daneswara sebagai penunggu
dan penjaga pura Besakih. |
|
|
|
|
|
|
|
Palinggih Surya Candra tempat pemujaan
Hyang Raditya dan Hyang Ratih. Di tempat ini biasanya umat
melakukan semadhi untuk mendapatkan ketenangan dan kesucian
rohani. |
|
|
|
|
|
|
|
Bale Tegeh sebagai pelinggih
Hyang Widyadari. Tempat untuk memuja manifestasi Tuhan sebagai
sumber kecantikan dan kejelitaan, kelembutan putri bidadari
yang banyak didambakan oleh umat. Umat yang menekuni bidang
yang berkaitan langsung dengan kecantikan hendaknya memohon
anugrah Beliau di sini. Misalnya, para artis seni tari, pemilik
salon kecantikan, foto-model, dan para remaja puteri. |
|
|
|
|
|
|
|
Bale Tegeh, sebagai pelinggih
Hyang Widyadara. Tempat untuk memuja manifestasi Hyang Widdhi
berupa sumber keindahan maskulin. Pusat pancaran dari kegagahan
dan kegantengan pengawal surga pria (bidadara) ada di sini,
untuk dimohon bagi umat yang banyak mengandalkan kehidupan
kesehariannya dari pesona maskulin, misalnya para penari pria,
aktor drama, peragawan dan para remaja pria.
|
|
|
|
|
|
|
|
Bale Pepelik, linggih Ida
Ratu Ngelesung, tempat pemujaan terhadap manifestasi Tuhan
berwujud lesung penumbuk padi. Suatu unsur kehidupan sehari-hari
yang sangat penting keberadaannya, sampai-sampai dianggap
sebagai karunia yang patut dihargai di sini. Ida Ratu Ngalesung
melindungi penumbuk padi di seluruh Bali sehingga ketahanan
pangan tetap terjaga. |
|
|
|
|
|
|
|
Meru tumpang 11 Palinggih Ida Ratu Sunaring
Jagat. Di Pelinggih Meru Tumpang Sebelas ini Tuhan dipuja
sebagai Ratu Sunaring Jagat yaitu Tuhan dalam fungsinya untuk
memberikan sinar sucinya kepada semua kehidupan isi alam semesta
ini. |
|
|
|
|
|
|
|
Pemujaan untuk Krian Manginte atau Ida
Ratu Sedahan Panginte. |
|
|
|
|
|
|
|
Palinggih Ida Ratu Subandar, linggih Hyang
Waruna. Tempat pemujaan daya Ida Hyang Widdhi dalam kekuasaan
yang memberikan perlindungan terhadap perdagangan dan keadilan
dalam berniaga, terutama perniagaan yang menyeberangi samudra.
Umat yang menjalankan roda bisnis dalam kesehariannya memusatkan
bakti mereka kepada pelinggih ini. |
|
|
|
|
|
|
|
Palinggihan Ida Ratu Ulang Alu, tempat memuja Hyang Widdhi
dalam kekuasaan Beliau sebagai kekuatan yang memberi perlindungan
kepada pedagang kecil dan pengusaha lemah (pengalu). Umat
yang menjalankan usahanya dengan membawa barang dagangannya
berkeliling sampai ke pelosok-pelosok wilayah negeri hendaknya
memusatkan baktinya melalui gedong pelinggih ini.
|
|
|
|
|
|
|
|
Adanya Pelinggih Arca Siwa Budha ini sebagai
wujud kebijakan yang amat arif dari pendiri Pura Besakih yang
sangat menghargai perbedaan keyakinan. Karena memang di bumi
ini pada kenyataannya ada persamaan dan ada perbedaan. Kalau
kita bijak mengelolanya persamaan dan perbedaan itu justru
sebagai sumber inspirasi membangun kehidupan yang adil dan
sejahtera. |
|
|
|
|
|
|
|
Linggih Hyang Gandarwa sebagai penguasa
bala pengaman pura Besakih, pemegang tali kekang segala ancangan
atau makhluk halus kesayangan para bhatara bhatari. |
|
|
|
|
|